Jakarta ibu kota negara kita tercinta Indonesia yang mungkin
di bayangkan orang kota yang indah, tentram, sejuk, bersih. namun kenyataannya
saat ini adalah jakarta yang macet, banjir, panas dan gersang. masalah yang
akan saya bahas disini adalah kemacetan yang terjadi di Jakarta. berbicara
kemacetan jakarta tidak akan ada habisnya pemerintah sudah melakukan banyak
cara untuk menanggulanginya namun tidak akan ada habisnya dan jakarta selalu
masih saja macet.
Berikut ini penyebab macet di ibu kota :
- Arus yang
melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan
- Terjadi
kecelakaan terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan
dari jalur lalu lintas,
- Terjadi
banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan
- Ada
perbaikan jalan,
- Bagian
jalan tertentu yang longsor,
- Kemacetan
lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene
tsunami.
- Karena
adanya pemakai jalan yang tidak tahu aturan lalu lintas, spt : berjalan lambat
di lajur kanan dsb.
- Adanya
parkir liar dari sebuah kegiatan.
- Pasar
tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya
membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area
tersebut.
- Pengaturan
lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus
lalu lintas
- Adanya
tawuran antarpelajar yang menyebabkan kurang lancarnya lalu lintas
- Banyak
orang yang menyebrang di jalan tersebut
- Walaupun di
jalan SATU ARAH, masih ada pengendara yang NYELONONG dari arah yang TERLARANG /
berlawanan
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memecahkan
permasalahan kemacetan lalu lintas yang harus dirumuskan dalam suatu rencana
yang komprehensif yang biasanya meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
Peningkatan kapasitas
Salah satu langkah yang penting dalam memecahkan kemacetan
adalah dengan meningkatkan kapasitas jalan/parasarana seperti:
1.
Memperlebar jalan, menambah lajur lalu lintas sepanjang hal itu
memungkinkan,
2. Mengubah
sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah,
3.
Mengurangi konflik dipersimpangan melalui pembatasan arus tertentu,
biasanya yang paling dominan membatasi arus belok kanan.
4.
Meningkatkan kapasitas persimpangan melalui lampu lalu lintas,
persimpangan tidak sebidang/flyover,
5.
Mengembangkan inteligent transport sistem.
6.
Memberikan Sanksi Jika Ada Yang Melanggar
Keberpihakan kepada angkutan umum
Jalur Bus Transjakarta (Busway)
Untuk meningkatkan daya dukung jaringan jalan dengan adalah
mengoptimalkan kepada angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan antara
lain:
1.
Pengembangan jaringan pelayanan angkutan umum
2.
Pengembangan lajur atau jalur khusus bus ataupun jalan khusus bus yang
di Jakarta dikenal sebagai Busway,
3. Pengembangan kereta api kota, yang
dikenal sebagai metro di Perancis, Subway di Amerika, MRT di Singapura
4. Subsidi
langsung seperti yang diterapkan pada angkutan kota di Transjakarta, Batam
ataupun Jogjakarta maupun tidak langsung melalui keringanan pajak kendaraan
bermotor, bea masuk kepada angkutan umum,
Pembatasan kendaraan pribadi
Langkah ini biasanya tidak populer tetapi bila kemacetan
semakin parah harus dilakukan manajemen lalu lintas yang lebih ekstrem sebagai
berikut:
1. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi
menuju suatu kawasan tertentu seperti yang direncanakan akan diterapkan di
Jakarta melalui Electronic Road Pricing (ERP). ERP berhasil dengan sangat
sukses di Singapura, London, Stokholm. Bentuk lain dengan penerapan kebijakan
parkir yang dapat dilakukan dengan penerapan tarip parkir yang tinggi di
kawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya, ataupun pembatasan penyediaan ruang
parkir dikawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya,
2.
Pembatasan pemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biaya
pemilikan kendaraan, pajak bahan bakar, pajak kendaraan bermotor, bea masuk
yang tinggi.
3.
Pembatasan lalu lintas tertentu memasuki kawasan atau jalan tertentu,
seperti diterapkan di Jakarta yang dikenal sebagai kawasan 3 in 1 atau contoh
lain pembatasan sepeda motormasuk jalan tol, pembatasan mobil pribadi masuk
jalur busway.
Selain pemerintah kita selaku masyarakat juga harus
mengikuti peraturan yang di tetapkan jangan mau se enaknya sendiri harus
mementingkan kehendak bersama dari pada kepentingan pribadi.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar